Fakta Mengejutkan Tentang Alkitab



PENGETAHUAN TENTANG ALKITAB (PART 1)
  1. Alkitab. Orang-orang Kristen percaya bahwa kitab ini merupakan firman Allah yang benar. Dari kisah penciptaan dalam Kitab Kejadian sampai penglihatan akhir zaman dalam kitab Wahyu, dari sejarah bangsa Israel sampai pelayanan Yesus, Alkitab adalah sumber untuk hal-hal yang diyakini orang-orang Kristen dan cara mereka hidup.
  2. Kata Bible (Alkitab) berasal dari kata Yunani Biblia, yang berarti "kitab-kitab". Kata ini berasal dari kata byblos yang berarti papirus, suatu bahan yang digunakan sebagai pembuat buku-buku pada zaman kuno.
  3. Orang-orang Yunani kuno mendapatkan pasokan kertas mereka dari pelabuhan Byblos- sekarang berada di wilayah Libanon. Kata Yunani kuno untuk buku-biblion-berasal dari nama pelabuhan ini, dan dari kata ini kita mendapat kata bible dalam bahasa inggris, yang berarti kitab agung (Alkitab).
  4. Kata Alkitab tidak terdapat dalam Alkitab. Kata itu muncul setelah........................
    semua tulisan diselesaikan dan digabungkan. (Kata Bible pun tidak terdapat dalam Alkitab berbahasa inggris; alasannya sama)
  5. Alkitab adalah buku paling laris sekaligus buku yang paling banyak dicuri!
  6. Alkitab adalah buku yang paling banyak dibeli, tetapi juga buku yang paling tidak dipahami. Sembilan dari antara sepuluh orang Amerika memiliki sebuah Alkitab, namun tidak sampai separuhnya pernah membaca Alkitab. Penjualan Alkitab di seluruh dunia tidak dapat dihitung.
  7. Berapa ukuran Alkitab? Tumpuklah sepuluh buku non fiksi dengan ukuran tebal rata-rata (kurang lebih 200 halaman). Tumpukan itu akan memiliki jumlah huruf yang setara dengan jumlah yang terdapat dalam sebuah Alkitab. Jumlahnya mendekati satu juta kata, tidak termasuk jumlah kata yang ditambahkan-catatan kaki, nomor ayat, konkordansi, dan lain-lain.
  8. Alkitab kelihatannya hanya satu buku, tetapi Alkitab sesungguhnya merupakan antologi, suatu kumpulan buku-buku. Dalam pengertian yang lebih luas, Alkitab bukan hanya merupakan kumpulan karya pendek, tetapi juga merupakan koleksi buku yang lengkap.
  9. Beberapa kitab dalam Alkitab panjangnya hanya setengah halaman. Kitab terpanjang adalah kitab Yeremia, panjangnya setara dengan sebuah novel pendek masa kini. Hal ini membuat kitab terpanjang dalam Alkitab seratus kali lebih panjang daripada kitab terpendek dalam Alkitab.
  10. Meskipun Alkitab secara keseluruhan jauh lebih panjang daripada buku-buku lainnya, sebagian besar kitab yang ada di dalamnya lebih pendek daripada buku mana pun yang biasa kita baca.
  11. Alkitab adalah kumpulan banyak kitab yang luar biasa tentang hukum, hikmat, puisi, filsafat, dan sejarah. Jumlah buku yang ada dalam kumpulan kitab yang dapat dibawa kemana-mana ini bergantung pada Alkitab mana  yang anda pegang. Alkitab seorang Yahud berbeda dengan Alkitab seorang Katolik Roma, yang pada gilirannya berbeda dengan Alkitab seorang Protestan.
  12. Alkitab bersifat kuno tapi sekaligus kontemporer karena Alkitab membahas persoalan-persoalan yang tidak berubah dari keberadaan manusia: kehidupan, kebahagiaan, kesedihan, keberhasilan, dan kegagalan. Namun, persoalan-persoalan ini diungkapkan dalam bahasa dan konteks zaman purbakala.
By : Fakta Mengejutkan Tentang Alkitab (Book)

Comments

Popular posts from this blog

MODERNISASI DALAM PERSPEKTIF KEKRISTENAN

STRATEGI MENGHINDARI SESAT PIKIR

Resensi Buku Fenomenologi Agama