Maju Selangkah Saja Sulit

Hidup ini tidak semudah yang dibayangkan, juga tidak semudah apa yang dikatakan. Tetapi hidup juga tidak sesulit apa yang diibayangkan, dan tidak sesulit yang akan dilakukan. Isn't True? OKee saat ini saya berada pada semester 10 tahun ke-tiga memasuki tahun ke-empat saya berkuliah di Universitas Kristen Satya Wacana. Tanpa terasa semester demi semester berlalu, matakuliah semakin menantang daya pikir dan kreativitas mahasiswa.
Hal ini merupakan sesuatu yang lumrah/sudah biasa bagi mahasiswa/i yang sejak awal dilatih dalam Universitas untuk menciptakan daya saing kedepannya, dan dapat membuat terobosan-terobosan baru. Tantangan-tantangan tersebutlah yang membuat mahasiswa/i menjadi berkompeten dan berkualitas sesuai dengan bidang studi yang digelutinya.  Saya mengutip dari buku Let's Change,karya Prof. Rhenald Kasali Ph.D, ada tiga hal mendasar dari hidup ini yang tidak boleh tidak haruslah dilakukan jika benar-benar ingin "Sukses", yakni kepemimpinan, Keberanian dan Perubahan. Dari ketiganya itu Prof. Rhenald mengatakan bahwa "seberapa pun jauh jarak yang telah ditempuh, perubahan tetap harus dimungkinkan. Itulah prinsip manajemen perubahan". Perubahan-perubahan dalam hidup memang berat untuk dijalani, tetapi apakah yang berat itu tidak bisa kita usahakan? tidak bisa kita lakukan?. Tulisan ini mungkin sedikit mengganjal bagi pembaca, karena mungkin pasti berkata dalam hidup saya selalu berubah kok, dalam hidup saya tidak pernah datar... Iya, benar demikian tetapi apakah perubahan yang kita lakukan benar-benar perubahan yang bisa dikatakan suatu 'perubahan'?, ataukah kita hanya diam di tempat dan mengatakan kita sudah berubah tetapi hanya mata kita yang berubah, tubuh kita di tempat. Perubahan itu tidak sekali jadi dalam hidup ini, saya merasakan berproses di Universitas Kristen Satya Wacana ini dengan baik. Tetapi dalam proses itu sejenak saya berpikir apakah ini merupakan perubahan yang saya lakukan? Apakah dengan memiliki IPK 4.0 itulah perubahan terbaik yang saya lakukan? Ataukah dengan apa?. Bertumbuh memang sulit dan menyakitkan tetapi disitulah awal dari pertumbuhan/perubahan yang menjanjikan. Refleksi bagi kita saat ini, dan di mana pun kita berada bahwa seringkali manusia ingin berubah, tetapi tidak mau diubah... Bagaimana bisa mau lari jauh ke depan, maju selangkah saja sulit. Mari kita lebih dari sekedar Think Outside The Box, tapi lebih daripada itu Jump Outside The Box.

Comments

Popular posts from this blog

MODERNISASI DALAM PERSPEKTIF KEKRISTENAN

STRATEGI MENGHINDARI SESAT PIKIR

Resensi Buku Fenomenologi Agama